PAMALI

November 07, 2020

PAMALI

Hai Teman PALA

 Sometimes life can be sooo unpredictable, and sometimes we thought that we knew all about the cultures in Indonesia but turns out, we don’t.

Kita sering denger kata pamali dari orang-orang atau mungkin Teman PALA pernah diingetin sama orang tuanya buat engga ngelakuin sesuatu dengan sebutan pamali. Misalkan kaya “hey jangan keluar lewat jam 6, pamali…” “nak kaki nya jangan ngelipet di angkat ke atas, pamali..” “aduh jangan buka payung di dalam rumah dong.. pamali” dan masih banyak pamali-pamali lainnya yang tersebar di Indonesia.

Nah fyi aja untuk Teman PALA yang belum tau pamali itu apa, pamali ini diartikan ketika ada orang percaya adanya larangan pada sesuatu yang dilihat, didengar, dilakukan, atau bahkan diketahui. Pamali ini juga sering banget disamain sama mitos-mitos kaya kejadian alam semesta, dunia, atau makhluk gentayangan hiih…ngeri. Di Indonesia sendiri banyak banget loh yang percaya sama pamali padahal belum tentu bener, sampe akhirnya kita juga jadi suka parno buat ngelakuin hal-hal yang kita anggap pamali ya kan? Ngakuuu~

Yuk kita kilas balik, pamali apa aja sih yang dulu sering kita denger:

 

 

1. Pamali duduk di bantal, nanti jadi bisul!

Teman PALA pasti pernah denger kan kalo kalian duduk di bantal dibilangnya bakal bisulan? Kebanyakan masyarakat di Indonesia terutama di Jawa ngeliat kalau duduk di atas bantal itu perbuatan yang engga baik. Walaupun engga ada kaitannya dengan mitos tapi sebenernya fakta penyebab bisulan itu bisa aja kejadian beneran. Loh kenapa? Kok bisa aja kejadian? Karenaaa ketika duduk di bantal kita engga tau kebersihan dari badan atau lingkungan kita sendiri terjaga atau engga, nah dari situlah bantal yang kita gunain juga bakal ikut kotor.

 Menurut Dr. Arthur Tucker, seorang ahli kesehatan dari Barts dan London NHS Trust bilang kalau ternyata bantal di rumah itu merupakan sarana yang ideal buat berkembangnya kuman, bakteri, dan kotoran lainnya. Nah, makanya ketika kalian menggunakan bantal meski ga keliatan kotor, tapi bisa bikin kamu jerawatan entah itu di muka atau daerah tubuh lainnya.

Jadi, Teman PALA, mau itu pamali atau engga tetep disaranin buat ga duduk di bantal yaa, karena bakal buat bantal jadi sarang kuman ditambah duduk di bantal itu ga baik diliatnya.

Sumber: merdeka.com

Sumber foto: Posturite.co.uk

 

 

2. Pamali gunting kuku malam-malam, nanti umurnya jadi pendek! (tambahin artikel)

Selain pamali duduk di bantal, Teman PALA pasti sering denger juga kan tentang ga boleh gunting kuku malam-malam, karena pamali ini dipercaya bakal bikin umur jadi pendek. Hmm.. Teman PALA percaya engga sama pamali ini? Karena nyatanya, gunting kuku malam-malam itu engga disaranin bukan karena bikin umur jadi pendek tapi karena terkesan malam itu gelap dan jadi susah liat, ditakutin bakal ngelukain jari sendiri saat motong kuku ditambah saat dulu itu lampu belum kaya sekarang, jaman dulu masyarakat menggunakan lampu meja yang diisi sama minyak tanah dan pencahayaannya juga masih sangat kurang. So, kalaupun mau potong kuku malam-malam tetep hati-hati yaa Teman PALA jangan sampe jarinya ikut kepotong juga

Sumber: kumparan.com

Sumber foto: mkangkerstory13.blogspot.com

 

 

  1. Pamali kalo buka payung dalam rumah, nanti bikin sial!

Pamali ini sih dipercaya kalau buka payung di dalem rumah nanti hidup kita jadi banyak masalah atau bahkan pemilik rumahnya bakal jadi sial. Dari How Stuff Works bilang kalau mitos buka payung dalem rumah itu asalnya dari orang Mesir Kuno. Katanya siapa pun yang ngebuat payung jatuh atau mengenai orang lain bakal dicap sebagai orang pembawa nasib sial. Menurut Reader's Digest juga, takhayul itu berasal dari keyakinan bahwa membuka payung di dalam ruangan akan membuat marah Dewa Matahari dan menghasilkan konsekuensi negatif. Tapi sebenernya, buka payung di dalem rumah ini emang engga disaranin karena ditakutkan saat buka payung itu bakal kena orang sekitar. Jadi tetep hati-hati yaa, mendingan ga usah deh buka payung di dalem rumah.

Sumber: Kumparan.com

Sumber foto: kurio.id

 

 

  1. Pamali nyapu malam-malam, nanti rezekinya seret!

Kalau buat pamali ini sih dipercaya bisa bikin rezekinya jadi seret atau susah pas lagi nyari rezeki. Konon katanya kalau menyapu pada malam hari sama aja kaya buang-buang rezeki dan engga cuman itu aja tapi orang jaman dulu banyak mengkaitkan pamali ini dengan makhluk halus. Sebenernya, menyapu pada malam hari ini tidak menjadi alasan rezeki kamu jadi seret melainkan kalau menyapu pada malam hari itu dilihat tidak akan bersih banget, kenapa? Karena dengan keadaan yang gelap akan ngebuat penglihatan kita juga jadi kurang jelas kalau ngelakuin sesuatu kaya contohnya nyapu malam-malam engga akan sebersih nyapu pas pagi atau siang hari, ini juga dinilai karena pas jaman dulu penerangan masih engga sebanyak sekarang. Jadi walaupun sekarang udah banyak penerangan disekeliling kita, tapi tetep aja ada baiknya Teman PALA buat engga nyapu di waktu malam hari.

Sumber: Suar.id

Sumber foto: Halogeet.com

 

 

  1. Pamali duduk di depan pintu, nanti susah dapet jodoh!

Pasti Teman PALA pernah denger dong Pamali jangan duduk di depan pintu karena nanti jadi seret jodoh. Sebenernya asal muasal pamali ini ada karena waktu dulu cewe-cewe punya kebiasaan suka nyari kutu sambil duduk berjejer depan pintu dan akhirnya banyak warga ngerasa terganggu karena itu dan ngebuat larangan duduk di depan pintu dengan nakut-nakutin soal pamali ini supaya cewe-cewe engga duduk berjejer lagi di depan pintu. Jadi sebenernya pamali ini sering di sebut-sebut karena faktanya buat engga ngehalangin orang jalan yang masuk atau keluar rumah. Jadi tenang aja ya Teman PALA ga usah khawatir takut seret jodoh, nanti juga jodohnya dateng sendiri kok!

Sumber: Suaramerdeka.com

Sumber foto: Correcto.id

 

 

 

Sooo itu dia lima pamali yang sering kita denger dengan fakta-faktanya, jadi Teman PALA jangan langsung percaya ya sama pamali atau mitos yang suka beredar karena apa yang kita dengar belum tentu benar.

Penulis: Aida Shofwatulina Mardya






Also in PALA Zine

Hari Musik Sedunia/World Music Day/Fête de la Musique
Hari Musik Sedunia/World Music Day/Fête de la Musique

June 21, 2020

Trus sekarang gimana? Ga mungkin kan lagi pandemik kaya gini mereka adain pagelaran musik besar – besaran kaya biasanya? Yup bener banget, jadinya akan bahaya kalo masyarakat dunia tetap merayakan world music day seperti tahun – tahun sebelumnya.

View full article →

Worklife Can be Fun While Distancing
Worklife Can be Fun While Distancing

June 18, 2020

Maybe right now you are reading this article at your office. Ya, kamu sudah mulai masuk kerja seperti biasa dari mulai minggu lalu atau minggu ini, atau masih WFH dan hanya piket saja ke kantor.

View full article →

Welcoming New Normal
WELCOMING NEW NORMAL

June 10, 2020

By this time, you have probably become familiar with the term “New Normal”. Mulai dari media, pemerintah, teman kamu, influencer dan bahkan abang – abang ojeg online yang sering kali mangkal di warung samping rumah kamu. Tapi pernah ga sih terpikir, apa itu “New Normal”. What it really means? Dan apa aja yang termasuk kategori New Normal?

View full article →