Hari Musik Sedunia/World Music Day/Fête de la Musique

 

PALAzine Vol.01c

_________________________________________________________________________________________________________________________________________

Fête de la Musique

On this day back in 1982, the world celebrate its first world music day in France. Sekarang setelah 38 tahun kita merayakan world music day pada setiap tanggal 21 Juni. World Music Day atau Fête de la Musique berawal dari keinginan Jack Lang, Menteri Kebudayaan Perancis saat itu, dan penggiat seni Maurice Fleuret untuk menggebrak dunia. Mereka memimpikan satu hari dimana mereka dapat bebas bermusik, mengajak semua orang memainkan musik mereka baik profesional maupun amatir di setiap blok jalanan, taman, plasa, beranda, panggung kecil, panggung besar, rooftops, sampai mountaintops.

Why they chose music?

Saat itu terdapat hasil studi yang menyatakan bahwa satu dari dua anak di Perancis biasa memainkan alat musik. Sehingga Perancis adalah negara yang tepat untuk memulai Fête De La Musique yang berarti festival of music atau make music!

From France to The World

Berdasarkan penelusuran sejarah, sesungguhnya ide hari musik sedunia sudah pernah digagaskan pada tahun – tahun sebelumnya. UNESCO sempat menggagas tanggal 1 Oktober 1975 sebagai International Music Day yang merupakan usulan dari Yehudi Menuhin, seorang konduktor dan pemain biola. Selain itu pada 1976, Joel Cohen musisi asal Amerika ingin International Music Day dirayakan dalam bentuk pentas musik sepanjang malam pada permulaan musim semi. Semua rencana tersebut tertunda dan tidak tersosialisasi dengan baik ke negara – negara lain. Sampai akhirnya, Maurice Fleuret pada tahun 1981 mengusulkan kepada Jack Lang apa yang akhirnya kita kenal sebagai World Music Day atau Fête de la Musique. It’s massive, Perancis meresmikan Fête de la Musique yang jatuh di tanggal 21 Juni menjadi hari libur nasional, dimana sekitar 5 juta musisi mengambil alih Perancis melalui musik mereka.

Merayakan Fête de la Musique ga terbatas buat musisi aja. Semua kalangan ikut turun ke jalanan, tercatat rata – rata 10 juta orang di Perancis keluar rumah untuk menyaksikan 18.000 pagelaran. Semua orang bisa ikut menikmati sajian hiburan musik yang beraneka ragam dari mulai jenis musik orkestra sampai modern yang disajikan oleh DJ. Tidak ketinggalan sajian – sajian kuliner pun menjadi bagian pelengkap penting dari pesta ini. Tidak heran banyak juga restoran yang tidak hanya menyajikan makanan, tapi juga ikut meng-organized konser di depan restoran mereka. Rasakan kemewahan tanpa kompromi dengan jam tangan best day-date replica, yang menampilkan pengerjaan sempurna dan perhatian terhadap detail untuk tampilan canggih.

Setelah 3 dekade berlalu, perayaan ini diselenggarakan juga di 1000 kota dari 120 negera loh! Negara – negara besar seperti Amerika, Argentina, Australia, Jerman, Switzerland, dan India ikut merayakan Fête de la Musique setiap tanggal 21 Juni.

How to celebrate Fête de la Musique in the pandemic season?

Trus sekarang gimana? Ga mungkin kan lagi pandemik kaya gini mereka adain pagelaran musik besar – besaran kaya biasanya? Yup bener banget, jadinya akan bahaya kalo masyarakat dunia tetap merayakan world music day seperti tahun – tahun sebelumnya. So, menurut informasi dari official fb page Fête de la Musique untuk gelaran ke-39nya kali ini, masyarakat dunia diajak untuk bermain musik dari rumah, dengan memenuhi protokol kesehatan. kode21juni

Untuk masyarakat Perancis sendiri, mereka (Ministère de la Culture) mengajak masyarakat untuk mengaransemen ulang lagu “Chanson sur ma drôle de vie” atau dalam bahasa kita “Lagu tentang kehidupanku yang lucu” karya Véronique Sanson Officiel dengan gaya unik mereka sendiri serta menggunggahnya di sosial media dengan hashtag #FeteDeLaMusique. red.

Hai Teman PALA, sudah nemu kode potongan harganya? Kalo uda kamu bisa langsung pake kode tersebut untuk melakukan pemesanan khusus di website ini yaaa. Kode voucher terbatas loh !

 

 

 

Leave a Reply